Pawon Emak

Ayam Kodok

CARA MEMASAK:

  1. Cuci bersih semua bahan dan bumbu.
  2. Kupas wortel dan kentang, potong seukuran jari tangan. Potong juga buncis sepanjang jari tangan.
  3. Keluarkan daging dan tulang dari ayam yang utuh. Jaga agar kulit ayam tidak terkoyak. Sisakan bagian paha bawah ayam dan kedua sayap (tidak usah dikeluarkan daging dan tulangnya).
  4. Blender semua daging yang berasal dari kedua ayam.
  5. Campurkan semua bumbu untuk adonan ayam dan tepung roti ke dalam blender.
  6. Masukkan adonan ayam ke dalam kulit ayam utuh yang telah disiapkan pada langkah nomor 3. Dimulai dengan bagian pojok kulit agar lebih mudah terisi. Setelah bagian dada separuh terisi, masukkan dua buah telur rebus. Masing-masing sebelah kiri dan kanan. Kemudian tambahkan terus hingga kulit ayam terisi penuh. Jika kulit ayam ada yang terkoyak cukup lebar, jahit dengan menggunakan benang dan jarum jahit bersih.
  7. Kukus kulit ayam yang sudah diisi tersebut sampai matang. Setelah krang lebih 15-20 menit, angkat dan tiriskan.
  8. Sambil menunggu ayam dikukus, buat saus dengan cara menumis bawang putih dan mencampurkan semua bahan saus. Sesaat sebelum saus matang, masukkan potongan bawang Bombay.
  9. Campurkan bahan olesan hingga tercampur rata kemudian oleskan pada bagian luar ayam.
  10. Panggang dalam oven atau microwave hingga kecoklatan. Bolak balikkan ayam secara perlahan hingga merata warna coklatnya. Jika Ladies tidak memiliki keduanya, jangan sedih, emak juga pakai wajan anti lengket koq untuk memanggangnya. Hehe… tetap cantik.
  11. Sembari menunggu ayam dipanggang, ladies dapat menyiapkan sayuran dan garnish. Goreng kentang serta rebus wortel dan buncis sebentar saja. Agar warnanya tetap cantik, segera siram atau rendam dengan air dingin.
  12. Tata sayuran rebus, kentang goreng, selada dan wortel pada piring saji. Letakkan ayam yang telah matang di piring tersebut. Siram dengan sedikit saus yang telah dibuat.
  13. Ayam kodok siap disajikan, potong sesuai selera saat akan disantap.

Bagaimana ladies, mudah kan? Yuk segera dieksekusi, lumayan menghemat biaya jajan di luar. Konon katamya satu ayam kodok ini bisa dibanderol hingga Rp 500.000,00. Wow, hemat plus tetap sehat di masa pandemi! Oke banget kaaan. Selamat mencoba yaa! ©Mies20

Pages: 1 2

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.